[Music] Dari Rock Hingga Klasik

Satu lagi sebuah deveratif lain di ranah music jazz, sebut saja Crossover. Crossover adalah saling silangnya aliran music yang pada akhirnya terkesan sangat jazzy.
Di mancanegara konsep sejenis crossover sebenarnya sudah terentang sejak lama meski tidak diketahui para pelopornya, namun beberapa referensi menyebutkan persilangan jenis music yang berbeda telah terjadi pada era awal rock n’ roll.


Adalah para musisi kulit, putis semisal Pat Bone, yang kala itu banyak merekam ulang tembang-tembang lawas milik penyanyi kulit hitam. Mereka merombak habis aransemen lagu, termasuk litriknya dan mengarahkannya sehingga lebih popular dari versi aslinya yang berwarna swing jazz.
Tak diduga, aransemen anyar ini sukses menjangkau segmen penggemar lebih luas. Dari situlah kemudian tekhnik tadi berkembang lebih jauh, baik lewat kolaborasi maupun rekaman ulang.
Segala jenis music tak terlepas dari pengaruh ini. Satu-satunya adalah yang selama ini dianggap sebagai music kelas atas atau klasik. Nyatanya, beberapa musisi sukses mengawinkan music klasik ini dengan genre lain.
Di beberapa Negara teknik jenis ini lebih dikenal dengan sebutan fusion. Penggemar music tentu sudah tidak asing mendengar istilah jazz fusion. Celticfusion dan worldbeat. Contoh paling kentara dari aspek ini yakni crossover antara unsur jazz dan klasik oleh orkestrsi Danish 7 dalam Mad Cows Sing

7 thoughts on “[Music] Dari Rock Hingga Klasik

  1. salam kenal dul!! hehehe…masih sodara kah ama si doel??? makasih ya udah mampir….

    ndak dunk buu… kalo si doel mah pinter… nah kalo Si dudul ma… *sableng* hhe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s