[News] Blu-ray Disc 400GB dan Optical Disc 16-Layer

Pioneer Corp. memiliki produk terbaru yakni optical disc multilayer yang dapat merekam data hingga 400GB dan kompatibel dengan Blu-ray Disc. Pengembangan Blu-ray Disc 400GB tersebut merupakan langkah awal menuju masa depan yang disadari makin canggih dan berkapasitas besar.
Pengembangan produk optical disc yang dilakukan Pioneer, optical disc multilayer tersebut akan merekam setiap layer kapasitas Blu-ray Disc ke dalam 25GB (Gigabyte), sama dengan perekaman berlapis-lapis ke dalam 16 layer optical disc playback. Multilayer optical disc tidak lagi merekam sinyal layer yang tidak diinginkan dan sinyal yang lemah dari tiap rekaman layer, namun kini multilayer optical disc tersebut memiliki kestabilan dalam menangkap sinyal walaupun sangat sulit untuk mendapatkan batasan jumlah Laminates (dual layer atau lebih yang ditumpuk menjadi satu) ketika dilakukan perekaman per layer.
Teknologi manufaktur optical disc tersebut dapat digunakan untuk mengurangi noise dan untuk memecahkan masalah dalam tiap layer agar dapat merekam sinyal playback guna mengaplikasikan system perekaman multilayer pada optical disk. Optical disc akan membaca system dan dapat memperbaiki sinyal yang lemah dengan S/N ratio dari sensor optic yang menangkap sinyal tersebut hingga kemudian dapat dibaca menjadi sinyal yang stabil.
Sementara Blu-ray Disc memiliki 2 lensa optic dan standard spesifikasi yang dapat digunakan untuk me-maintain kompatibilitasnya. Selain itu, satu optical disc konvensional dapat mengumpulkan informasi dalam jumlah besar, yang nantinya dapat digunakan di penyimpanan optical disk untuk mengurangi resource informasi secara signifikan.
Pioneer menggunakan system multilayer optical disc untuk memvalidasi kemungkinan, adanya perekaman data dari Blu-ray Disc yang berkapasitas hingga 400GB tersebut. Fokus Pioneer sendiri adalah untuk menghasilkan Blu-ray Disc yang berkapasitas besar dan optical disk multilayer, kemudian mengembangkannya untuk kebutuhan masa depan.
Hasil penelitian Blu-ray Disc dan optical disc ini  telah direalisasikan secara resmi pada tanggal 13 Juli di Hawaii dari International Society untuk optical memory ISOM/ODS2008“. Sedangkan untuk ujicoba telah dilakukan pada tanggal 7 Juli lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s